Macam-macam Gangguan pada Payudara

Macam-macam Gangguan pada Payudara. Selain rambut, payudara sering dianggap sebagai mahkota wanita. Oleh karena itu. gangguan atau masalah sekecil apapun dapat membuat wanita cemas. Agar Anda tidak mengkhawatirkan sesuatu yang normal dan wajar pada payudara, tentu Anda perlu mengetahui masalah kesehatan pada payudara.

Mastitis Mastitis merupakan peradangan jaringan payudara atau terjadi disekitar puting. Mastitis bermula dari lecet atau luka yang terkena kuman. Ini bukanlah masalah serius tapi perlu mendapatkan perawatan karena dapat menjadi abses yang mengeluarkan nanah. Pertolongan pertama adalah seringlah membersihkan area payudara terutama setelah menyusui, lalu tutupi luka dengan kain bersih dan steril.


Macam-macam Gangguan pada Payudara



Kista


Kista dapat tumbuh di hampir seluruh bagian tubuh, termasuk di payudara. Kista pada payudara merupakan kantung-kantung cairan Anda akan merasakan tanda-tanda yang biasanya muncul jika terjadi masalah ini, misalnya benjolan yang lembut, lunka dan halus seperti balon yang berisi air. Benjolan ini tergolong jinak dan biasanya dapat menimbulkan sakit.

Fibroadenoma

Fibroadenoma merupakan istilah untuk menyebut tumor jinak yang ada didalam payudara. Biasanya, bentuknya berupa jaringan ikat dan kelenjar. Jika Anda merabanya maka terasa ada benjolan pejal, bulat seperti karet, dan dapat berpindah-pindah. Umumnya, Fibroadenoma tidak menimbulkan rasa sakit.

Penyumbatan Saluran Air Susu

Jangan khawatir dahulu jika Anda merasakan benjolan dipayudara sedangkan Anda sedang menyusui. Hal ini terjadi karena penyumbatan pada saluran yang membawa air susu ke puting payudara. Biasanya, benjolan semakin membengkak dan bisa timbul gejala infeksi. Pembengkakan berwarna kemerah-merahan dan terasa sakit. Keadaan ini sering membuat ibu sulit menyusui. Meskipun demikian, Anda perlu terus menyusui si kecil karena semakin sering menyusui maka penyumbatan lebih mudah menghilang.

Pembengkakan Payudara

Menjelang menstruasi, setiap wanita pasti mengalami ganggua ini. Sering, benjolan-benjolan padat dan lembut menyertai payudara yang lebih tebal. Anda tidak perlu khawatir karena masalah ini biasanya hilang setelah menstruasi usai. bahkan, beberapa wanita tidak merasakannya lagi setelah darah menstruasi keluar.

Kanker Payudara

Sebenarnya ada berbagai jenis kanker payudara. Namun, umumnya kanker dipayudara merupakan tumor ganas berupa benjolan yang cukup keras. Bentuknyasering tidak beraturan dan tidak bisa digerakan. Biasanya timbul rasa sakit dan terjadi perubahan pada payudara bagian luar, seperti warna kulit payudara menjadi lebih hitam, bentuk kulit menyerupai kulit jeruk, dan puting susu tampak ditarik ke dalam.

Intraductal Papiloma Payudara

Intraductal papiloma payudara merupakan jenis tumor yang sulit diraba dari luar. Anda dapat menemukan gejalanya jika melakukan penekanan disekitar payudara, yaitu keluarnya sedikit darah dari puting susu. Tidak mendeteksi kelainan ini mengingat letak tumor kadang-kadang sulit ditemukan, padahal pemeriksaan yang intensif dan cepat sangat menentukan suatu tumor dapat diatasi atau tidak. Oleh karena itu, jika Anda menemukan warna kemerahan atau cokelat di bra bagian puting, segera periksakan payudara Anda.

Gangguan ini sering terjadi pada wanita yang tidak hamil atau memutuskan untuk tidak menikah. Para ahli menilai wanita tersebut tidak mengalami fase atau proses yang alami. Oleh karena itu, keseimbangan hormon dan pertumbuhan bakal kanker menjadi lebih cepat.

Kistosarkoma Filloides

Kistosarkoma filloides merupakan jenis fibroadenoma atau kanker jinak yang meliputi seluruh bagian payudara. Kadang, tumbuh sangat besar dan membuat penderitanya tidak menggendong payudaranya sendiri. Meskipun merupakan tumor jinak, tetapi bukan tidak mungkin tumor ini menjadi ganas sehingga perlu segera ditangani. Biasanya, tumor ini timbul di usia 35-40 tahun. Gejala yang muncul, seperti kulit diatas tumor meregang, menipis, dan mengilap dengan pembuluh-pembuluh darah yang melebar dan sedikit panas.

Disqus Comments