Kenali Gangguan Hormonal Pada Wanita

Kenali Gangguan Hormonal Pada Wanita. Gangguan hormonal sering tidak disadari oleh para wanita. Padahal, masalah hormonal dapat menggangu kesehatan seorang wanita. Hal tersebut dapat menurunkan vitalitas seseorang, mengganggu kehidupan sek-s, dam mempersulit kehamilan. Gangguan hormonal dapat terjadi pada semua usia wanita, mulai bayi, remaja, hingga manula.


Kenali Gangguan Hormonal Pada Wanita



Pada Umumnya, gangguan hormonal dapat dibagi menjadi empat. Hipohormonal terjadi karena hormon yang dihasilkan terlalu sedikit. Sebaliknya, hiperhormonal merupakan suatu keadaan tubuh yang menghasilkan hormon secara berlebihan. Adapula gangguan hormon yang tidak seimbang, yaitu satu jenis hormon tertentu lebih banyak dihasilkan dan jenis hormon lain lebih sedikit.

Gangguan hormonal dapat terjadi karena beberapa faktor, mulai dari asupan gizi yang tidak cukup, kesehatan yang sering terganggu, samapi dengan fungsi organ yang kurang baik. Tidak jarang, gangguan pada suatu alat reproduksi seperti ovarium terjadi karena sistem hipotalamus dan hipofisisnya tidak berfungsi dengan baik. Gangguan hormonal juga dapat terjadi pada wanita yang mengalami penyakit hati dengan kondisi berat atau gangguan pada alat reproduksi yang dikarenakan kerusakan reseptor organ yang dipengaruhi hormon seperti ovarium.

Untuk mengatasi gangguan hormonal, saat ini sudah tersedia hormon sintetis. Namun, pemberiannya harus hati-hati dan dengan pemantauan yang ketat dari dokter. Anda perlu memperhatikan jenis, dosis, dan lama pemberiannya. tidak jarang, terapi hormon menimbulkan efek samping, seperti kenaikan berat badan, gangguan jukit terutama di bagian wajah, dan menjadi faktor predispisis untuk terjadinya kanker.

Disqus Comments